Thursday, December 4, 2008

back on da action

waduuuhhh!!!! akhirnya gw kembali mengetik postingan untuk blog-ku-yang-amat-aku-cinta-dan-aku-sayangi-ini.

kesibukan gw akhir2 ini adalah.. kesibukan klasik dalam menghadapi natal.. kenapa natal harus sibuk ya? apa sih natal sampe membuat kita sibuk? sebaiknya itu dijawab sendiri ya~ selain natal, gw juga sibuk ikutan bimbel dan baca novel Laskar Pelangi yang dipinjemin temen gw *gw kurang suka nonton film.. lebih suka baca novelnya*

jadi, kali ini gw mau membahas *atau membuat sinopsis* tentang novel laskar pelangi yang gw baca.. eh? telat ya? gpp... gag ada kata telat dalam belajar *mau ngeles tapi salah*. yap, ngga ada kata terlambat untuk sebuah novel yang bagus *ini baru bener...*! gw fascinate banget pas baca novel ini. knp? soalnya novel ini mengajarkan kepada kita makna dari persahabatan.. persahabat 10 (blakangan 11) Laskar Pelangi ini sangat mengharukan!

setting novel ini bertempat di pulau Belitong (skrg Kepulauan Bangka Belitung) dan mnurut gw, waktunya berada di sekitar 1980. di awal novel, gw melihat bagaimana suasana penerimaan murid baru di sebuah skolah kampung yg ada di Belitong. Muhammadiyah namanya. sekolah ini tidak seperti sekolah kita2 sekarang. soalnya, skolah ini lebih tepat disebut gudang kopra daripada sekolah. yap, sekolah ini sangat miskin karena tidak mendapat bantuan dana dari pemerintah (layaknya skolah2 swasta).

murid2 yg menjadi inti sentral dari novel ini, yaitu Laskar Pelangi memiliki keunikan masing2... gw secara pribadi kagum banget sama Lintang (bhasa jawa yg artinya Bintang)! gimana ga mau kagum? dia menempuh jarak PP 80KM dari rumahnya menuju sekolah dengan menaiki sepedanya (whaaat???)! belom lagi bahaya yg harus ditempuh Lintang slama perjalanannya itu. dan smangat dia untuk sekolah sama sekali ga pernah surut. apalagi padam. pas hujan deras, lagi musim sakit, bahkan dihadang buaya, dia tetep aja pergi ke skolahnya. salut deh gw~

selain itu, yang membuat gw kagum sama Lintang adalah kepintarannya yg luar biasa. gw aja sampe merinding pas baca gimana dia menjawab soal yg belom selesai dan jawabannya ga salah sedikitpun. dan juga ketika dia berdebat sama guru yg notabene sarjana dari salah satu universitas bergengsi indonesia.. dia menang! sangat2 mengagumkan!

tapi sangat disayangkan.. takdir berkata lain.. ayahnya meninggal! dan hal ini membuat Lintang yg notabene adalah anak sulung dari keluarganya itu harus putus sekolah demi menghidupi keluarganya itu.. di bagian ini gw nangis! sangat menyedihkan.. terutama ketika mengetahui nasib lintang di akhir novel ini. dia yang sangat jenius itu, terpaksa harus menjadi buruh tmbang! sungguh sangat malah nasib lintang dibandingkan teman2nya yang sukses..

overall, novel ini keren banget! emosi gw naik-turun pas baca novel ini. kadang2 ketawa ngakak, kadang2 sedih, bahkan gw sampe merinding disko pas baca. hehehehehe. gw suka banget novel ini..

yap, sinopsisnya selesai. skrg, kegiatan natal gw... hari senin barusan (1/12/08), gereja gw ngadain Natal Sekolah Minggu 2008.. dengan tema "Aku Cinta Indonesia". dengan tema seperti itu, anak2 SM kita disuruh pake baju adat daerah. nah, gw jadi WL (MC) di Natal ini. mau ngga mau, gw juga harus pake kostum.. gw mengambil kostum yang simpel2 aja.. yaitu batak! hanya dengan kemeja putih dan celana hitam + kain ulos, jadilah Philip Siganteng (ini nama batak gw lho~)! *untuk ini, gw bakalan bikin separated post setelah dpt foto2nya*

kemudian, gw juga jadi singer di natal sekolah. ada kejadian lucu pas rapat (ini sebelum ditentuin pelayannya). ketua panitia lagi dengan semangat membaca susunan panitia. setelah sampai di bagian WL, dia berhenti sebentar dan melanjutkan dengan kalimat ini "untuk WL.. k philip aja ya?". wew.. sangat mengharukan mengagetkan saudara2.. setelah tawar-menawar, akhirnya gw bersedia menjadi WL... tapi, setelah rapat diulang, diajukanlah nama WL baru.. yaitu seorang alumni yg udah diknal sbagai WL dan temen sekelas gw *sorry to say.. tapi gw ragu sama dia...*. setelah itu, gw pun mundur jabatan jadi singer. hahahaha.. gpp, mlayani di bagian apapun, yang penting mlayani Tuhan kan?

6 comments:

yulia said...

ga nyangka bentar lagi udah maw natal,
hehehehe^^

BuDIOnO said...

fiuh.......
sinterklas harus gendutan donk?
*skr u uda kurusan nieh

benny said...

argh!!! gw skip sinopsis nya. its true, gw jg demen ma novel. n denger2 filmnya ga sebagus novelnya. duuh...gimana cara gw dapet novel laskar pelangi ya?

takatophilip said...

@benny: makanya gw ga terlalu demen sama film hehehehehe.. tapi sinopsisnya berpusat pada lintang doank.. hahahhaa.. i admire him very much

Rezki said...

what 80 km??*pingsan*

Lidd said...

jadi pngen baca ntu novel..
hhe...

honestly,,
kaga suka baca sangadh..

hhu...

spe tu...????
tmn skeles???

wwkkwkkwkkw